Sabtu, 01 September 2012

PUTS alat Pertanian Mengetahui Kondisi Lahan


RANTAU, – Guna mengetahui kondisi lahan pertanian di daerah ini, Para mantri tani di Kabupaten Tapin telah dibekali applikasi uji tanah dan pupuk yakni Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) oleh Pemerintah Daerah Tapin di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura. Dengan adanya alat ini, tentunya petani di Tapin dan petugas pertanian sangat terbantu ketika ingin mengetahui berapa kadar N,P dan K.

Sebagaimana dijelaskan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, H.Masraniansyah, didampingi Petugas Kordinator Pengamat Hama Penyakit di Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Tapin, Masrani dalam Pengaplikasian alat ini untuk mengukur bagan warna dan menentukan berapa kadar pupuk yang direkomendasikan.
Dengan alat tersebut petani dapat mengetahui berapa takaran imbang pemberian pupuknya. Karena pemberian pupuk secara berimbang itu dinilai sangat penting guna menjaga tanaman mereka. “PUTS ini bisa mengukur kadar hara N, P,K dan pH tanah di lapangan secara cepat, mudah, akurat, lagi murah. Bahkan para petani di Tapin untuk meminjam alat ini di mantri tani dipersilahkan dan tanpa dikenai biaya, “katanya.

Adapun tujuan pemberian pupuk berimbang agar tanah subur, pemberian pupuk urea secara berlebihan itu dinilai dapat membuat tanah yang tadinya subur menjadi tidak subur sehingga mempengaruhi hasil padi nantinya. Mulailah memberikan pupuk berimbang secara tepat dosis agar hasilnya maksimal guna meningkatkan hasil pangan nasional. “Pemberian pupuk berimbang idealnya selain memberikan pupuk urea sesuai takaran itu harus ditambah dengan pupuk yang memiliki kandungan kalium dan fospat seperti jenis pupuk NPK, KCL, “katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar