Sabtu, 08 September 2012

Poktan Sei Anglai Wakilkan Kalsel Lomba Poktan Tingkat Nasional



RANTAU, – Kelompok Tani Sungai Anglai adalah kelompok tani terbaik se-Kalimantan Selatan untuk komoditas padi, dan Rabu (5/9) kemarin, Kelompok Tani (Poktan) Sei Anglai di verifikasi oleh Tim Penilai dari Dirjen Kementerian Pertanian RI. Poktan Sei Anglai Desa Timbaan Kecamatan Tapin Selatan mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka lomba Kelompok Tani untuk komoditas padi di Tingkat Nasional.

Tim Penilai Verifikasi Dirjen Kementerian Pertanian RI yang berjumlah 5 orang kunjungi Desa Timbaan Kecamatan Tapin Selatan untuk memverifikasi Kelompok Tani Sungai Anglai terbaik se-Kalsel. Kedatangan tim ini didampingi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Kalsel dan Kabupaten Tapin.

Zainullah, SP perwakilan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan menyampaikan, “Hari ini sudah memasuki hari kedua Tim Penilai Kementerian Pertanian RI melaksanakan tugasnya menilai Kelompok Tani yang ada di Kalimantan Selatan. Sehari sebelum ke Kabupaten Tapin, Tim Penilai melakukan penilaian di Kabupaten Tanah Laut pada dua tempat untuk komoditas Jagung dan Kedelai, disusul kemudian keesokan harinya pada hari kedua Tim Penilai Dirjen Kementerian Pertanian RI menilai kelompok Tani Sungai Anglai di Desa Timbaan Kecamatan Tapin Selatan, “katanya.

Lanjut Zainullah, Sebelumnya pihak kami pada Dispertan Provinsi Kalsel pernah melakukan penilaian terhadap Poktan Sei Anglai, di Desa Timbaan Kecamatan Tapin Selatan. Dimana di dapat untuk komoditas padi, bahwa kelompok tani ini adalah yang terbaik se-Kalimantan Selatan. Selanjutnya, Tim Penilai Kementerian RI pusat pada hari ini menilai sekaligus memferivikasi Kelompok Tani Sei Anglai Desa Timbaan Kecamatan Tapin Selatan khusus untuk komoditas padi. “Tim Penilaian Kementerian RI dari Jakarta ini datang untuk mereview ulang, apakah penilaiannya terhadap poktan ini lebih baik lagi dari yang dilakukan Tim Penilai di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Kalimantan Selatan, atau sebaliknya. Tim Penilai melakukan tugasnya dengan mewawancarai Ketua Poktan maupun anggotanya. Selain itu juga mencari data pendukung lainnya, “katanya.

Tim penilai dari Dirjen Kementerian Pertanian RI, Elfiati, mengatakan, “Kedatangan ke Tapin ini kami untuk memverifikasi ulang kelompok tani ini, dimana ada tambahan penilaian yang dilakukan seperti administrasi kelompok tani dan hal-hal lainnya. Kedatangannya ke daerah ini bersama tim yang terdiri diantaranya  Elfiati, Medy, Zenaida, Desi, Hermiatun, “katanya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Tapin, H.Masraniansyah, SP menyampaikan selamat datang terhadap Tim Penilai verifikasi dari Kementerian Pertanian RI. Kelompok Tani Sei Anglai desa Timbaan Kecamatan Tapin Selatan merupakan salah satu kelompok tani binaan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Tapin, dan keberhasilan yang diraih kelompok tani ini sangat membanggakan daerah. Karena hasil produksi padi di Tapin yang selalu meningkat dari tahun ke tahun itu tak lepas dari peran serta kelompok tani di Tapin sehingga produksi padi kita di Tapin selalu surplus. Di Kabupaten Tapin areal lahan pertanian tidak terlalu luas, namun Tapin mampu meningkatkan hasil produksi padi setiap tahunnya dengan dua kali tanam. Diharapkan dengan keikutsertaan Kelompok Tani Sei Anglai ini dalam lomba di tingkat Nasional semoga dapat berhasil meraih penghargaan sebesar-besarnya dari Pemerintah Republik Indonesia maupun Kementerian Pertanian RI.

Poktan Sungai Anglai Terbaik 1 se-Kalsel

Kelompok Tani Sungai Anglai, Desa Timbaan Kecamatan Tapin Selatan adalah kelompok tani tanaman pangan terbaik satu tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, dan yang sudah ditindaklanjuti dengan surat Keputusan Gurbenur Kalimantan Selatan untuk disertakan mewakil Provinsi Kalimantan Selatan dalam penilaian lomba di tingkat Nasional, jika berhasil Poktan ini akan berangkat ke Istana Negara bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal tersebut diungkapkan H.Masraniansyah, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Tapin didampingi Wagimin Kabid Produksi di instansi tersebut.
Apa yang membedakan kelompok tani ini dengan kelompok tani yang lain di Kalsel, dikatakan Wagimin, “Hal yang membedakan Kelompok tani ini dari yang lain sehingga berhasil menjadi terbaik 1 Se-Kalimantan Selatan diantaranya adalah peran serta dari kelompok tani itu sendiri yang anggotanya banyak berperan aktif dan saling kordinasi. Selain itu juga ada kriteria lainnya bagi kelompok tani ini seperti peningkatan produksi padi yang dari tahun ke tahun selalu meningkat. Kelompok tani ini mampu meningkatkan hasil pertanian untuk komoditi padi seperti penerapan sistem semai dua kali tanam dalam satu tahun sehingga produksi padi dapat meningkat, juga kelompok tani ini mengembangkan teknologi penerapan di wilayah tanamnya sehingga dapat ditiru atau di contoh oleh kelompok tani lainnya, “pungkasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar